Jumat, 16 Juni 2023

Musim Kemarau, Semua Pihak Harus Waspada Karhutla.

Tags

Musim Kemarau, Semua Pihak Harus Waspada Karhutla.
BN Online ; Aceh Tengah-Rakyat Genap Mupakat(RGM)kampung Pantannangka,berserta Reje Kampung Gewat Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah,sosialisasi Karhutla,wilayah kecamatan Linge merupakan salah satu daerah yang rawan terjadi bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pasalnya saat ini sedang musim kemarau yang diperkirakan berlangsung di kecamatan linge Kabupaten Aceh Tengah 16/6/2023.

Karena itulah,kami segenap perangkat kampung pantannangka mengimbau seluruh masyarakat dan pihak pengelola lahan Pinus ataupun warga yang berburu agar selalu waspada bencana kebakaran yang terjadi di musim kemarau ini. Terutama, kebakaran hutan dan lahan,kebun ataupun hamparan Pinus di konsesi yang berada di sekitar kampung,ataupun hutang lindung dan taman buru,

Kewaspadaan harus ditingkatkan saat musim kemarau, berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan,
musibah karhutla rawan terjadi saat musim kemarau. Namun itu bisa diantisipasi asalkan seluruh elemen berniat menjaga dan menahan diri, agar tidak membuka lahan dengan dibakar atau membuang puntung rokok sembarangan di hutan atau di rumah jangan lalai bila meninggalkan rumah pastikan kompor gas sudah keadaan aman sekiranya hendah keluar rumah.

Masyarakat harus selalu berhati-hati saat menghidupkan api. Bahaya kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau sangat rawan terjadinya. Selain itu kekeringan juga menjadi ancaman,serta angin agak kencang hal itu harus diwaspadai.

Agar musibah kebakaran tidak terjadi maka perlu meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk menjaga wilayah dari bahaya kebakaran serta bencana kebakaran dan penanggulangannya.

Karena itu, semua pihak dapat meningkatkan responsibilitas terhadap situasi kondisi secara intensif dengan berkerja sama terkait untuk melakukan antisipasi dan penanggulangan bahaya bencana kebakaran. Bagi masyarakat agar tidak membakar atau membuang puntung rokok disembarang tempat untuk menghindari terjadinya kebakaran lahan kebun, hutan dan lahan kering.tutupnya.

 (Aharuddin.)
Editor : Riga Irawan Toni 


News Of This Week