Jumat, 16 Juni 2023

SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KARHUTLA DI DESA MUNGKUR.

Tags

SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KARHUTLA DI DESA MUNGKUR.
BN Online ; Aceh Tengah-Sosialisasi pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) dilaksanakan di desa Mungkur,dalam kegiatan sosialisasi tersebut turut hadir RGM kampung pantannangka,raje pantannangka,kepala dusun genteng,dan ketua pemuda kampung pantannangka sabardi, berserta petue kampung pantannangka Abadi, dan seluruh perangkat kampung mungkur,RGM kampung Mungkur serta tokoh masyarakat kampung Mungkur,petue Mungkur,dan tampak hadir Bacaleg dari Partai NasDen Dapil 2,urut 1 Genap putra Linge dari pantauan media ini 16/6/2023.di balai desa kampung Mungkur kecamatan Linge,

RGM pantannangka kegiatan sosialisasi tersebut. dilanda musim kemarau dan trik matahari juga sangat panas di tambah angin agak kencang dan rumput-rumput kering sangat mudah kebakaran hutan dan lahan. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menyadarkan masyarakat bahwa pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama. Kegiatan ini juga menekankan bahwa saat ini upaya pencegahan perlu diprioritaskan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan banyak kerugian,papar RGM pantannangka.

Tambahnya bahwa Kecamatan Linge sangat luas dengan hamparan Pinus yang sangat mudah terbakar,berharap kepada pengelola ataupun pemegang konsesi,perorangan atau perusahaan harus menjaga dan juga menghimbau kepada penderes atau yang membuka kebun  wajib waspada terhadap Karhutla sebelum terjadi kita sama-sama terus mengingatkan dan mensosialisasikan kemasyarakat yang beraktifitas di hutan,berburu,atau mencari ikan di sungai  jangan sembarangan dan sepelekan menyalakan api di sembarang tempat atau membuang pontong rokok.

Sebagai mana kita ketahui bersama dari Polsek Linge sudah sering melaksanakan sosialisasi ke kampung-kampung di kecamatan Linge serta memasang spanduk Karhutla,dan himbauan di wilkum posek Linge, Antisipasi sejak dini perlu dilakukan dan menjadi prioritas guna mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah desa kita di Kecamatan linge Jelasnya. saat menyampaikan sambutannya di acara rapat sosialisasi tersebut.

Saya tegaskan sekali lagi, jaga lingkungan kita jangan sampai ada yang terbakar tegas RGM pantannangka.

Mencegah kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab kita bersama, lanjutnya.

Ruginya bayak jika terjadi kebakaran, kebun dan Pinus yang kita kelola habis terbakar, rugi waktu, tenaga, materi, kesehatan pun jadi terancam akibat kabut asap. Seharus banyak hal lain yang lebih bermanfaat bisa kita lakukan jika tidak terjadi kebakaran, terangnya.

Berharap menyampaikan hasil sosialisasi kita ini kepada masyarakat kita khususnya tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan serta ancaman bagi orang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar,

(Aharuddin.)
Editor : Riga Irawan Toni 


News Of This Week