Minggu, 25 Juni 2023

UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng 1 menggelar kegiatan ‘’SERI BERAKSI’’ (SETIAP HARI BERPERILAKU ANTI KORUPSI).




BN Online Makassar--Kegiatan ini dilaksanakan selama 11 hari. Dimulai Senin, 12- Kamis, 22 Juni 2023. Ada banyak beragam kegiatan yang dilaksanakan untuk menambah ilmu serta kreativitas guru dan siswa.  

Kegiatan hari pertama dimulai dengan Pelatihan Menulis yang pesertanya adalah guru dan siswa, dibimbing langsung oleh Junaedi, S.Pd.,M.Pd. (Trainer Nasional Menulis Buku). Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih kreativitas dan bisa mengungkapkan ide langsung kedalam tulisan agar sebagai bekal menjadi penulis. Tulisan tersebut akan dibuat menjadi buku karya Guru dan siswa SD Negeri Bawakaraeng I.

Kegiatan hari kedua adalah dengan bermain Gebyar Semai (Sembilan Nilai Anak Anti Korupsi). Pesertanya adalah siswa kelas IV dan V. Permainan ini didampingi oleh agen SPAK Indonesia dan Agen SPAK SD Negeri Bawakaraeng I, yaitu Devi Permata Sukma, S.Pd.,M.Pd. dan Nurlinda, S.H.,S.Pd.I kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerjasama, kekompakan, menyenangkan dan mengedukasi siswa.

Kegiatan hari ketiga adalah Belajar Metematika  Menggunakan Metode Gasing (Gampang, Asik Dan Menyenangkan) di bimbing oleh Rininta Dwi Sani, S.Pd.,M.Pd. (Trainer Gasing). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, pesertanya adalah 2 siswa perwakilan dari kelas III – V dan semua guru Bawkaraeng I. Semua siswa dan guru sangat antusias selama pembelajaran berlangsung karena sangat menyenangkan dan tidak membosankan belajar matematika dengan metode Gasing ini.




Kegiatan hari keempat adalah Pelatihan Pembuatan Modul Ajar dan P5  oleh Santy A Mappe, S.Kom.,MT (PTP Muda  BBGP Sulawesi Selatan) di ikuti semua guru.

Kegiatan hari kelima adalah Seminar Parenting oleh Husmirah Husain (Agen SPAK Sulawesi Selatan) pesertanya adalah orangtua siswa dari perwakilan setiap kelas. Kegiatan ini mendapat respon yang sangat postif dari orangtua siswa karena membahas tentang bagaimana keterampilan dalam mengasuh tumbuh kembang anak, bahkan pesertanya melebihi yang diharapkan.

Kegiatan selanjutnya adalah Perkemahan Sabtu Minggu. Kemudian dilanjutkan Pesantren Kilat yang dilasanakan selama 3 hari. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membentuk karakter siswa beriman dan bertaqwa sebagai pelajar Pancasila dan lebih paham agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan penutup SERI BERAKSI adalah Gelar Karya dan Festival Bakat menjadi puncak yang paling ditunggu oleh warga sekolah dan para orangtua siswa. 





Kegiatan ini diisi dengan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diikuti oleh semua kelas  I - V yang menampilkan produk P5 dalam berbagai tema dan bakar siswa lainnya. Gelaran tersebut berupa tarian, menyanyi, puisi, angngaru, fashion show baju adat dari bahan daur ulang, karate, kempo, dance semaphore, story telling Bahasa Inggris dan banyak hal menarik lainnya lagi. 

Adapun gelar karya yang dipamerkan terbuat dari bahan daur ulang seperti bunga, tempat pensil, baju adat, tempat tisu, bingkai foto, ada media pembelajaran dan berbagai makanan sehat tradisonal Makassar juga disediakan.
 
Karya tersebut dipajang distand kelas masing-masing yang sudah dihias sangat cantik dan menarik oleh guru dan dibantu oleh orangtua siswa. 

Terakhir kegiatan ini adalah pemberian sertifikat dan Launching Buku Karya Siswa dan Guru SD Negeri Bawakareng 1 dari kegiatan pelatihan menulis.

Kegiatan ini di gelar untuk menambah semangat guru, siswa, dan wali siswa dalam membimbing putra-putrinya menjadi siswa Cerdas Berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dengan mengdepankan nilai-nilai Anti Korupsi dan  diadakan sebelum penerimaan raport guna menunjukkan kerja nyata putra-putri kita. Bahwa tidak hanya nilai yang kita tunjukkan, namun juga bakat dan pemahaman yang dikelola sebaik mungkin dalam satu semester ini. Semoga ke depannya potensi-potensi yang ada pada siswa  pada semua bidang layak mendapat apresiasi seluas-luasnya, ungkap Alphian Sahruddin (Kepala Sekolah SD Negeri Bawakaraeng I).


News Of This Week