Selasa, 18 Juli 2023

Buku “Kampung Tangguh Jaya di Tengah Pandemi Covid-19” Terbit

Tags

Buku “Kampung Tangguh Jaya di Tengah Pandemi Covid-19” Terbit
BN Online ; Aceh Tengah-Buku peneliti Pusat Riset Kesejahteraan Sosial, Desa dan Konektivitas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terbit. “Alhamdulillah, sudah terbit. Buku ini berisi tentang Kampung Tangguh Jaya dengan kemampuan lokal yang terukur dan tersistem dalam menghadapi berbagai gangguan keamanan dan pertahanan wilayah yang berguna untuk menangkal berbagai gangguan. Termasuk, bencana nonalam (Covid-19) dan bencana alam lainnya,” kata Sugiyanto, Peneliti Madya Pusat Riset Kesejahteraan Sosial, Desa dan Konektivitas BRIN, Selasa (18/7/2023). 

Buku “Kampung Tangguh Jaya di Tengah Pandemi Covid-19” ditulis empat peneliti Pusat Riset Kesejahteraan Sosial, Desa dan Konektivitas BRIN, yaitu Sugiyono (peneliti madya), Setyo Sumarno (peneliti ahli utama), Achmadi Jayaputra (peneliti ahli utama), dan Ruaida Murni (peneliti madya). “Gerakan Kampung Tangguh Jaya ini merupakan gerakan lokal berjejaring hingga nasional untuk mendukung gerakan pemerintah, menghadapi permasalahan Covid-19 dalam jangka panjang,” sebut Sugiyanto. 

Secara terpisah, penulis buku Buku “Kampung Tangguh Jaya di Tengah Pandemi Covid-19” lainnya, Ruaida Murni, mengungkapkan, pembahasan tentang Pandemi Covid-19 diharapkan sebagai pelajaran dan pengetahuan terkait sebagai upaya yang harus dilakukan terhadap bencana nonalam tersebut. “Memasuki tahun 2022, merupakan saat yang tepat untuk memahami kegiatan yang dilakukan di Kampung Tangguh Jaya,” ujarnya.  

Dilanjutkan Ruaida, kegiatan selama pandemi Covid-19 telah menyita waktu dan tenaga, sehingga dapat mengurangi akibat Covid-19 yang dirasakan di seluruh belahan dunia. “Hendaknya, kegiatan terbaik yang sama bisa dilakukan bagi kalangan yang mengalami musibah nonalam pada masa-masa mendatang,” tegas Ruaida.

(Aharuddin.)
Editor : Riga Irawan Toni 


News Of This Week