Jumat, 28 Juli 2023

Dinas Kesehatan Aceh Tengah Lakukan Fogging Isaq 5 Desa,Kemukiman Isaq.

Tags

Dinas Kesehatan Aceh Tengah Lakukan Fogging Isaq 5 Desa,Kemukiman Isaq.
BN Online ; Aceh Tengah-Kapus Isaq,berkoordinasi bersama Muspika Kecamatan Linge laksanakan fogging wilayah terdampak DBD yaitu desa 5 desa: Kute: kute baru, Kute Robel, Kute Keramil, Kute Riyem, Kute Rayang, akan dilakukan fogging (pengasapan) untuk mematikan nyamuk penyebab penularan Demam berdarah. 

Sebelumnya Camat Linge menghimbau kepada masing reje dan aparat kampung dan seluruh warga sebelum dilakukan fogging untuk melakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar rumah, Fasilitas Umum dengan 3M (menguras, Menutup, dan Mengubur). Fogging akan dilakukan pada HARI Jum'at, 28 Juli 2023. Jam 09.00 Wib.du sampaikan ke media ini 28/7/2023.

Kapus Isaq menjelaskan,Fogging atau pengasapan adalah tindakan yang bertujuan untuk membunuh nyamuk secara luas, tetapi hanya efektif dalam membunuh nyamuk dewasa,telur ataupun jentik nyamuk.

 Kepala Puskesmas Isaq wilayah tempat warganya ada yg terkena demam berdarah,sehingga langung bertindak untuk melaksanakan penyelidikan dari rumah penderita, lingkungan di 5 desa dalam kemukiman isaq Kecamatan Linge,
 Puskesmas Isaq melaksanakan Fogging di area warga yang terdiagnosa DBD dan sekitar rumah juga lingkungan ke 5 desa tersebut,secara bergotong royong warga setempat.

Fogging bukan jalan satu-satunya mencegah Demam Berdarah, tetapi masih ada cara efektif yaitu dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk ingat 3M.
1.Menguras bak, tempat tempat penampungan air.
2. Menutup barang barang seperti bak mandi, drum, ataupun tempat air lainya.
3. Mengubur wadah, kaleng, botol, barang bekas yang mudah menampung genangan air hujan dan berpotensi menjadi tempat pengembangbiakan nyamuk
Atau dapat di tampung di wadah tertutup agar limbah barang bekas dapat di daur ulang.

 Kapolsek Linge  Mengingat tingginya angka DBD ahir ahir ini di kecamatan Linge Kapolsek bersama unsur forkopimcam mengambil langkah inisiatif untuk melakukan koordinasi kepada dinas kesehatan kabupaten guna melakukan Fogging di area perkantoran dan pelayanan publik serta pemukiman masyarakat di kecamatan linge,

Fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

 Dengan dilakukannya fogging tersebut, dapat membasmi sarang nyamuk sehingga dapat terhindar dari ancaman nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit DBD di Wilayah Hukum Polsek Linge Polres Aceh Tengah

 Di samping itu para personel Bhabinkamtibmas polsek linge telah mengambil langkah dan upaya awal pencegahan yang di sosialisasikan kepada masyarakat berupa  metode 3M Plus dimaksudkan untuk melakukan segala bentuk kegiatan pencegahan yang lain seperti :

- Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan

- Menggunakan kelambu saat tidur

- Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk

- Menanam tanaman pengusir nyamuk.jelasnya.

(Aharuddin.)
Editor : Riga Irawan Toni 


News Of This Week