Selasa, 04 Juli 2023

Jaga Hablum Minallah, Hablum Minannas Dan Hablum Minal alam pesan Kapolres Usai sholat subuh berjama'ah

Tags

Jaga Hablum Minallah, Hablum Minannas Dan Hablum Minal alam pesan Kapolres Usai sholat subuh berjama'ah
BN Online ; Takengon – Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, SIK,MH., melaksanakan Sholat Subuh berjamaah di Masjid Ruhama Takengon, dilanjutkan dengan penyampaian pesan-pesan kamtibmas kepada jamaah shalat subuh, Selasa 4 Juli 2023 pukul 05.00 Wib.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Kabag Sdm Kompol Sofyan Yoesa dan jamaah Shalat Subuh.

Dalam Pesannya, Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, SIK,MH, menyampaikan bahwa pentingnya menjaga hubungan, di antaranya hubungan dengan Allah (hablum minallah), hubungan dengan sesama manusia (Hablum minannas) dan hubungan antara manusia dengan alam (hablum minal alam) dimana ketiga hubungan tersebut harus di jalankan secara seimbang ,”pungkas AKBP Dody.

Hablum minallah, sebagaimana yang telah kita laksanakan pada pagi hari ini, dimana bersama kita telah melaksanakan sholat subuh berjamaah, merupakan cara kita mendekatkan diri kepada Allah Swt. 

Kemudian hablum minannas, salah satu contoh, dalam waktu dekat, kita bersama akan melaksanakan pesta demokrasi, pilihan atau berpendapat kita boleh berbeda, namun pada akhirnya  kalau sudah terpilih, maka kita harus mendukung dan tidak ada lagi perbedaan. 

Lanjutnya, hablum minal alam, 
Beberapa waktu kebelakang  kita bersama telah melihat terjadinya kebakaran hutan maupun lahan, kalau tidak kita jaga bersama, maka kelestarian hutan di wilayah kita akan rusak.

"Sebagai contoh di daerah lain, dimana akibat kebakaran hutan dan lahan, sekolah- sekolah harus diliburkan mengingat dampak dari kebakaran tersebut mengakibatkan kepulan asap yang sangat tebal yang bisa mengganggu pernapasan. 

Tambah AKBP Dody, baru - baru ini juga di kecamatan ketol, dimana konflik antara manusia dengan hewan (gajah) yang sudah terjadi berlarut - larut, sebagaimana pengaduan masyarakat kepadanya saat berkunjung ke kp. karang ampar kec. Ketol, dimana hewan gajah sering masuk ke lahan perkebunan warga yang mengakibatkan tanaman banyak yang rusak. 

"Bukan tidak mungkin hal tersebut akibat ulah manusia, yang mengganggu habitat gajah tersebut, kita di ciptakan Allah memiliki akal dan pikiran, untuk itu mari kita jaga alam kita, jangan kita rusak," Imbau Akbp Dody.

Aharuddin.
Editor : Riga Irawan Toni 


News Of This Week