Sabtu, 22 Juli 2023

Mahasiswa UTU Bantu Warga Kampung Antara,Penyulingan Minyak Serewangi.

Tags

Mahasiswa UTU Bantu Warga Kampung Antara,Penyulingan Minyak Serewangi.  
BN Online ; Takengon-kegiatan terus berjalan tanpa ada kendala di lapangan Mahasiswa UTU kampung Antara Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah,hari ini 22/7/2023. Bantu salah satu warga kampung tersebut memanen serewangi dan proses penyulingan minyak secara manual yang mengunakan alat drum yang telah di rakit khusus untuk penyulingan(ketel),

 Setelah beberapa hari Mahasiswa UTU laksanakan KKN di desa antara Kecamatan Linge,tidak merasa asing lagi dan kini  berbaur bersama warga juga aparatur desa, melaksanakan kegiatan serta berkoodinasi.

Mahasiswa KKN UTU  ketua kelompok,Bima satria.
Anggota:
 Rosi afrida yanti.
 Harmin.
 Rosa.
 maya.
 membantu proses penyulingan minyak sere wangi tersebut selain kegiatan membantu warga mahasiswa aktif bersiraturahi.

Menurut salah satu tokoh masyarakat kampung Antara sangat mengafrisiasi mahasiswa UTU hal ini adalah Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat kampung Antara, mahasiswa universitas Teuku umar yang tergabung dalam Kelompok Kampung Antara yg di ketuai oleh Bima Satria.

Diketahui warga desa antara Rata-rata masyarakatnya berprofesi sebagai petani,kopi,sere wangi juga menanam palawija Hal tersebut memicu perhatian dari mahasiswa KKN universitas Teuku umar untuk turun langsung membantu warga dan melihat proses tahap demi tahap dan panen yang baik dan benar,
Proses yang dikerjakan KKN tersebut di lahan udan salah satu warga kampung antara mulai dari pemotongan daun dan pengangkatan daun ke gubuk penyulingan dan memasukan daun ke wadah pengukusan secara bersama sama.selain proses penyulingan mereka juga kepingin mencoba dalam kegiatan di bidang pertanian seperti pemangkasan kopi,pemupukan dan pengolahan hasil.
Hal ini belum sempat dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan kedepan akan di upayakan,
Karna masih ada kegiatan rutinitas yang harus di jalankan oleh mahasiswa utu tersebut. seperti kegiatan pengajian anak anak,jum,at bersih bersama pemuda kampung tersebut.

Mahasiswa Universitas Teuku Umar laksanakan pengabdian kepada masyarakat, KKN.
Kuliah Kerja Nyata Reguler Angkatan XX Tahun 2023.

dengan hal tersebut mahasiswa dapat menimba Ilmu di lapangan serta mendapat pengalaman-pengalaman saat mengabdi di kampung tersebut, berkolaborasi bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan serta mengembangkan potensi kampung,Selain itu melalui kegiatan KKN ini diharapkan para mahasiswa dapat memberikan solusi yang ada di desa tersebut.

Aharuddin.
Editor : Riga irawan toni 


News Of This Week