Rabu, 26 Juli 2023

Muspika Kecamatan Linge Hadir di Acara, Demonstrasi Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Petani Di Kute Keramil.

Tags

Muspika Kecamatan Linge Hadir di Acara, Demonstrasi Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Petani Di Kute Keramil.
BN Online ; Aceh Tengah-Muspika  kecamatan Linge,hadir dalam acara Demonstrasi peningkatan kapasitas kelembagaan petani di kampung Kute keramil kecamatan Linge kabupaten Aceh tengah,dengan tema pembiakan tanaman secara Vegetatif dan pembuatan pestisida  nabati untuk pengendalian gulma di kampung Kute keramil,
Bersama kadis  pertanian Aceh Tengah dan KKN UTU serta kelompok pertanian kampung tersebut serta tokoh masyarakat Kute keramil kecamatan Linge di sampaikan kemedia ini 26/7/2023.

pembuatan pestisida nabati di kelompok tani Kute keramil 
Camat Linge Win Akbar mengucapkan 
salam penyuluh,dan semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
dalam rangka mengurangi penggunaan pestisida kimia, petani dikenalkan dengan pestisida nabati yang lebih ramah lingkungan. selain menghemat biaya, pestisida nabati juga tidak memiliki efek negatif baik terhadap tanaman maupun lingkungan. pestisida kimia selain harga yang relatif lebih mahal bagi petani, juga bisa memberikan dampak negatif jika penggunaannya tidak sesuai anjuran atau petunjuk yang diberikan ucap camat Linge,

pestisida nabati merupakan pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tumbuhan atau bagian tumbuhan seperti akar, daun, batang atau buah. pestisida nabati memiliki kerja yang ‘unik’, karena efek yang diberikan tidak berarti harus membunuh hama sasaran, namun bisa berarti mengusir, membuat perangkap atau menghambat perkembangan serangga hama.

kelompok tani Kute keramil di kemukiman Isaq yang merupakan salah satu kelompok tani yang di bina BPP kecamatan Linge,dan  dinas pertanian kabupaten Aceh Tengah, untuk praktek pembuatan pestisida nabati, dalam hal ini adalah pembuatan karena bahan-bahannya sangat mudah diperoleh dan cara pembuatannya pun relatif mudah.

dalam kegiatan yang dipandu oleh penyuluh kecamatan dan dinas pertanian itu pengurus kelompok tani Kute keramil sangat antusias mengikutinya, bahkan petani langsung yang mengerjakan agar mereka tahu cara membuatnya.

Camat Linge sangat mengapresiasi petani yang mau menerima kegiatan ini, karena selama ini petani menyukai pestisida kimia dikarenakan efek yang diberikan langsung bereaksi pada tanaman tanpa mereka tahu jika penggunaannya tidak tepat maka akan berakibat pada matinya musuh alami dan tidak ramah lingkungan. sedangkan dengan pestisida nabati,  meskipun daya kerjanya relatif lambat namun lebih aman dan ramah lingkungan. dengan adanya kegiatan ini diharapkan petani bisa menerapkan setiap musim tanam untuk mengurangi terhadap ketergantungan pestisida kimia dan mengurangi biaya produksi.jelasnya.

Aharuddin.
Editor : Riga Irawan Toni 


News Of This Week