Sabtu, 22 Juli 2023

Outing Class, Siswa SD Negeri Bawakaraeng I Lihat Proses Pembuatan Phinisi



BN Online, Makassar -- Siswa-siswi SD Negeri Bawakaraeng I melaksanakan kegiatan outing Class. Kegiatan kali ini dilakukan di Center Poin of Indonesia Pantai Losari Makassar. Melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan kapal Phinisi. Kapal yang merupakan kebanggaan warga Sulawesi Selatan dan Indonesia, 22 Juli 2023.


Outing Class sendiri merupakan sebuah program yang diprioritaskan oleh pemerintah kota Makassar melalui Dinas Pendidikan Kota Makassar.



H. Muhyiddin, SE,MM selaku kepala dinas pendidikan kota Makassar telah menghimbau kepada seluruh sekolah untuk melakukan outing Class. Dalam salah satu surat edaran tertanggal 17 Juli 2023 disampaikan agar siswa-siswa SD-SMP membuat program outing Class untuk belajar di lokasi pembuatan kapal Phinisi tersebut.


Alphian Sahruddin (KS. SD Negeri Bawakaraeng I) menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk mendukung edaran Dinas Pendidikan. Tetapi untuk outing Class sendiri, sudah sering sekolahnya lakukan dan terprogam oleh masing-masing Walikelas.


Tujuan pembelajaran outing Class adalah untuk memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik saat mereka belajar di luar kelas. Pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan siswa lebih meningkatkan kreativitas dan enjoy dalam belajar, tambah Alphian.


Adapun pendamping siswa adalah wali kelas masing-masing kelas yang mengikuti outing Class diantaranya Muhammad Ansyar, S.Pd. Riska Amaliyah, S.Pd. Dewi Shinta, S.Pd.,dan Rininta Dwi Sani, S.Pd.,M.Pd.


Semua siswa merasa senang sebab bisa melihat langsung proses pembuatan Phinisi. Mereka juga mencoba mengintegrasikan nilai kearifan lokal dalam Phinisi tersebut kedalam konteks pembelajaran. Siswa ditugaskan membuat karya Tulis dan rencananya akan kami kumpulkan menjadi Buku, ungkap Muhammad Ansyar.


Sumber : SD Negeri Bawakaraeng I


News Of This Week