Selasa, 01 Agustus 2023

Blangko E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Makassar His, Warga Diminta Beralih Ke KTP Digital

 


BN ONLINE MAKASSAR - Ketersediaan blangko pembuatan KTP elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar sudah habis.

Hal ini diketahui saat tim Jejakfakta.com mendatangi loket di Kantor Disdukcapil Kota Makassar Jalan Teduh. Ketersediaan stok blangko saat ini sudah kosong.

"Iye habiski, sekitar satu minggu yang lalu," ujar salah satu petugas loket yang dihampiri Jejakfakta, Selasa (1/8/2023).

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kadis Dukcapil Kota Makassar Muhammad Hatim. Ia mengatakan, kehabisan stok blangko terjadi karena dipengaruhi ketersediaan stok di Jakarta yang kurang. Hal itu mengakibatkan stok di Kabupaten/Kota juga mengalami kekurangan bahkan kosong.

Saat ini, kata Hatim, Disdukcapil Kabupaten/kota hanya menunggu distribusi dari pusat.

"Memang betul saat ini terjadi keterbatasan stok blangko. Dampak kosongnya stok blangko di pusat, sehingga kejadian ini berdampak ke seluruh Kabupaten/kota di Indonesia," katanya.

Menurutnya, keterbatasan stok sudah dikonfirmasikan ke pemerintah pusat. Namun, berdasarkan keterangan yang didapatkan, ketersediaan blangko baru ada pada akhir bulan agustus nanti.

"Dukcapil Makassar sendiri sudah beberapa kali membangun komunikasi, baik informal maupun formal terkait permintaan stok blangko ke (pemerintah) pusat, namun jawaban dari pusat akan tersedia di akhir bulan agustus," ujarnya.

Bagi warga Kota Makassar yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Disdukcapil Makassar menyarankan sebaiknya mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau beralih menggunakan KTP Digital sebagai pengganti Kartu Identitas sebelumnya.

"Untuk menanggulangi kondisi ini baiknya mengaktifkan digital id sebagai pengganti KTP-el di kantor Dukcapil Makassar ataupun di kantor kecamatan," tandasnya. (**)

 



News Of This Week