Kamis, 03 Agustus 2023

Silaturahmi Kepala Desa Se Kecamatan Rikit Gaib Di Pabrik Pengolahan Gondorukem Dan Terpentin PT. Kencana Hijau Binalestari

Tags

Silaturahmi Kepala Desa Se Kecamatan Rikit Gaib Di Pabrik Pengolahan Gondorukem Dan Terpentin PT. Kencana Hijau Binalestari

BN Online ; Gayo  Lues - Tanggal 2 Agustus 2023,  silaturahmi Kepala Desa se Kecamatan Rikit Gaib di Pabrik Pengolahan Gondorukem dan Terpentin PT. Kencana Hijau Binalestari,  dalam silaturahmi tersebut dari Pihak perusahaan banyak memberikan masukan terkait Tatakelola usaha dalam hasil hutan bukan kayu ( HHBK) yang dalam hal ini lebih ke arah hasil dari Getah Pinus yang bisa menghasilkan uang dan juga meningkatkan pendapatan serta membangun ekonomis untuk wilayah Desa masing masing. 

Dari pihak perusahaan mendorong BUMK yang ada di desa desa kecamatan Rikit Gaib untuk dapat ikut berusaha dalam pemanfaatan Getah pinus dari wilayah masing masing, serta peran BUMK harus mengacu kepada usaha yang bisa menghasilkan sehingga dana BUMK yang bersumber dari Titipan dana desa bisa di kelola dalam bentuk usaha dan bisa segera dikembalikan dana titipan tersebut ke desa dan tentunya ada juga sisa hasil usaha nya bisa dikembangkan untuk tambahan pembangunan desa tersebut. 

Untuk para pemuda yang saat ini masih belum punya kegiatan yang menghasilkan sebaiknya dirangkul oleh desa dan BUMK untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan usaha tersebut baik dilibatkan dalam penderesan, pelangsiran maupun dalam kegiatan lainnya yang sejalan dengan usaha tersebut. 

Segala bentuk kegiatan desa yang positif akan selalu di dukung oleh semua pihak termasuk oleh perusahaan. 

Desa desa harus bisa menghidupkan kegiatan yang mengarah pada peningkatan ekonomi masyarakat, kegiatan ke agama an maupun kegiatan olahraga serta kegiatan sosial yang berdampak pada pembentukan pola pikir masyarakat ke arah yang lebih baik lagi. 
BUMK akan di dorong untuk dapat mengelola hutan APL setelah tahun 2024 sesuai dengan peraturan baru dari pemerintah pusat maupun pemerintah Aceh, sehingga setiap BUMK punya pemasukan yang pasti dan dapat mengembangkan ke dunia usaha lainnya. 

Untuk pemilihan ketua BUMK di harapkan di saring secara benar dan yang mempunyai wawasan serta arah bisnis yang jelas serta dapat mempertanggung jawabkan atas segala usahanya kepada Desa masing masing, dan yang terpenting harus menjadi kebanggaan masyarakat desa tersebut. 

Para kepala desa ( Geucik) diharapkan bisa mendorong BUMK nya masing masing dan siap bersaing dengan BUMK lainnya di kecamatan yang berbeda bahkan di seluruh wilayah Aceh khususnya dan Indonesia umumnya dengan kata lain bawa harum Desa tersebut melalui BUMK nya.

Juga dalam silaturahim tersebut, dibuat juga agenda pertemuan rutin selanjutnya yang pelaksanaannya akan diadakan di desa masing masing dengan suasana yang lebih santai dan tentunya akan dihadiri oleh semua kepala desa dan juga pihak perusahaan untuk mengevaluasi kegiatan kegiatan yang bersifat pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat serta peran perusahaan di kecamatan Rikit Gaib dalam mensukseskan " Membangun masyarakat Rikit Gaib yang madani "


Editor : Riga Irawan Toni 


News Of This Week